Tuesday, January 03, 2012

Aku, Orang Gila, Dan Kampung Halamanku.

Zzzzz… paagiiiii…. *hoam*..
 
Kali ini gua mau berbagi cerita yang seru, capek, plus ga enak banget sama kalian semua. Di intermezzo ini gua mau ….. *kamudian hoam Zzz…*
 
Oke, dari pada lo berpikran yang macam-macam tentang gua, trus prustasi, trus lompat dari jurang, trus kaki lo patah, mending gua langsung cerita aja. Eh tapi ntar dulu, gua mau ngucapin sesuatu dulu buat kalian semua.. Sesuatu.. eh ga deng.:p.
 
Selamat Tahun Baru 2012. Semoga apa yang kita impikan dapat tercapai ditahun ini.. amiin..
 
Ceritanya bermualai dari hari setelah pembagian raport saptu pekan kemarin.
 

Ketika gua mulai memasuki masa liburan, seperti biasa gua uda jadwalnya balik ke Aceh, kampung halaman gua. Tapi berhubung kapal Ferry yang menjadi transportasi andalan rusak waktu itu, dengan terpaksa gua harus meurungkan niat gua untuk pulang kampung, walaupun sebenarnya masih ada pesawat yang bisa membawa gua kesana, tapi gua masih berfikir dua kali untuk balik naik pesawat karna tiket pesawat yang sangat mahal menjelang libur akhir tahun.. yaah gua ga maulah terlalu merepotkan orang tua gua dengan biaya yang sangat besar itu.
 
Tapi, kabar baik datang bebrapa hari kemuadian. Kabar baik itu datang dari Ibuk gua yang bilang kalo kapal uda kembali beropersi, dan jadwal keberangkatan kapal itu adalah tanggal 31 Desember 2011. Lo tau itu hari apa?? (hari saptu Bay) gua juga tau, Bego. bukan itu maksudnya. Yang gua maksudkan adalah hari itu bertepatan dengan malam pergantian tahun. Yap Tahun baru 2012. lo bisa bayangin gimana rasanya merayakan tahun baru disamudera Hindia tanpa kembang api dan terompet khas tahun baru. Itu rasanya kaga enak banget men.
 
Hari jumat malam (red: 30 Desember 2011). Dengan terpaksa gua berangkat ke pelabuhan Labuhan Haji, Aceh, yang berjarak 8 jam dari kota Medan, kota dimana gua tinggal sekarang. Sekitar pukul 9 pagi gua sampai dipelabuhan labuhan Haji, dan gua ga bisa langsung berangkat ke Kampung Halaman karna lagi-lagi jadwal kapal itu hanya ada jam 10 malam. Dan itu artinya gua harus nunggu 13jam. Sumpah gua hampir stress nunggu selama itu, gua kesepian, gua rapuh. *lupakan.
 
Menjelang siang, gua masuk kesalah satu rumah makan untuk makan siang. Dan didalam rumah makan itu gua mendengar perbincangan antara 2 ibu yang sepertinya….. gua ga tega ngomongnya. lo simpulkan aja sendiri maksud gua apa. Berikut perbincangan mereka:
 
Ibu A: Eh, kamu tahu ga yang didepan itu. Ibu B: yang mana?? Ibu A: yang didepan toko itu lho.. itu orang gila. Ga tahu knapa dari            tadi dia meratiin aku. Ibu B: Oooh.. itu orang gila… Kok ganteng gitu ya.. ~Kemudian Hening 
Sumpah gua ga tahu mau bilang apa pas kejadian mengejutkan itu terjadi. Lo bayangin aja, masak orang gila dibilang ganteng, jelas-jelas dia itu kotor, bau, ga ada ganteng-gantengnya deh kalo sekelas orang gila. Knapa gua bisa tahu semua itu?? Bukan, bukan karna gua iri sama itu orang gila. Tapi ntar juga lo tahu sendiri dari mana gua tahu semua itu.
 
Setelah makan siang, kira-kira pukul 13.00wib, dan itu artinya gua harus nunggu 9 jam lagi untuk keberangkatan kapal. Gua langsung nyari lapak untuk gua tempati sambil istirahat.
 
Ditengah kehangatan siang waktu itu, keadaan yang biasanya tak pernah jahat sama gua kali ini berpaling dan membuat gua menjadi ilfill stadium 4. tiba-tiba orang gila yang tadi diomongin sama ibu-ibu itu datang menghampiri gua. Dan terjadilah percakapan seperti ini:
 
Gila: Mau kamana? Waras: Balik ke Kampung. Gila: Jumpai siapa? Waras: Orang tua. Gila: oohh... 
Sejenak keheningan datang menghampiri kami. Tiba-tiba dihidung gua, gua mencium suatu bau yang ga enak banget, dan setelah gua cari tahu, ternyata itu bau orang gila yang ada kira-kira 2 meter desebelah gua. Dan karna ga tahan dengan bau tersebut, akhirnya gua memutuskan untuk mengalah, biarlah dia yang menempati tempat peristitahatan gua, gua pikir dengan itu dia bisa tidur dan ga dateng lagi ke gua. Gua pun pergi ke sebuah warung dan duduk disana.
 
Setengah jam kemudian..
Ditengah kasibukan gua membaca buku Marmut Merah Jambu-nya Radityadika, tiba-tiba bau yang seperti gua kenal datang menyerang hidung gua. Setelah gua lirik kanan-kiri ternyata.. Jeng.. jeng.. Jengg.. orang gila yang tadi uda berada di sebelah gua. Sumpah gua ilfill banget. Dengan terpaksa guapun (lagi-lagi) harus mengalah, dan membiarkan tempat gua diambil alih oleh orang gila tersebut. Gua langsung cabut, dan membayar minuman yang tadi gua pesen. Pas ngelihat dompet gua kaget duit gua tinggal, 37ribu rupiah, dan itu ga cukup buat ongkos gua nanti dikapal, karna untuk uang tiket aja itu uda habis. Guapun memutuskan untuk mencari ATM terdekat untuk mengambil duit seperlunya.
 
setelah bertanya kepada penduduk setempat mengenai lokasi ATM terdekat, gua pun bergegas pergi kesana. Yaahh, kira-kira jaraknya 1km lah dari pelabuhan, dan gua harus jalan kaki pulang-pergi karna disana ga ada angkot atau kendaraan umum lainnya. Ada jugu mobil travel, tapi masa iya utuk jalan 1km gua harus bayar 500ribu rupiah. Dengan alas an dana, gua pun memutuskan untuk jalan kaki, yaah sekalian jalan-jalanlah.
 
Ditengah perjalanan, tiba-tiba ada seorang bapak yang menghampiri gua untuk menawarkan tumpangan gratis. Mengdengar embel-embel gratis, jiwa anak kost gua pun langsung keluar menampakkan dirinya. Gua meng-iya-kan tawaran bapak itu. Setelah bertanya tujuan gua, dan gua bilang gua mau ke ATM akhirnya diapun nganterin gua. Sesampainya di ATM gua langsung turun dan masuk ke ruang ATM, tentunya setelah mengucapkan terimakasih kepada bapak tersebut dan dia langsung pergi pulang kerumahnya. Biarpun hanya dianterin perginya aja, gua ngersa terbantu banget dengan bantuan bapak itu, dengan itu gua bisa menghemat waktu dan tenaga.
 
Setelah selesai dari ATM, gua langsung cabut ke pelabuhan. Jalan kaki 1km cukup bikin betisi jadi gua segede tiang listrik. Tak lama, gua sampai di pelabuhan.
 
Jam menunjukan pukul setengah lima sore. Gua memutuskan untuk istirahat bentar sebalum mandi. Setelah mencari-cari tempat yang enak buat disinggahi, akhirnya gua nemu juga tempat yang pas, disekitar pantai daerah pelabuhan. Tak lama setelah gua duduk nyante di pantai tersebut, lagi-lagi orang gila yang tadi kembali menghampiri gua. Sumpah gua ga tahu apa yang buat orang gila ini tertarik sama gua. Kemungkinan hal yang bikin dia tertarik sama gua cuma  ada dua, yaitu: 1) Gua orangnya baik, menurut dia. 2) Gua disangka orang gila juga.
 
Lagi-lagi gua harus pasrah dengan keadaan. Kali ini sepertinya semesta benar-banar menginginkan gua untuk menjadi manusia yang selalu merasa terasingi oleh kehadiran orang gila tersebut. Sebagai manusia yang baik, gua pun mengalah untuk pergi. Tampat persinggahan gau selanjutnya adalah Rumah makan yang ada tempat istirahatnya. Disini baru gua merasa sedikit aman, dari ‘teror’ orang gila. Sampe akhirnya menjelang magrib, gua mandi, makan malam, sekitar pukul 9 malam, gua memutuskan untuk naik ke kapal. Akhirnya..
 
Di atas kapal gua ketemu sama temen deket gua yang kuliah di Banda Aceh, namanya Berry. Kali ini sepertinya keberuntungan berpihak sama gua. Setidaknya gua ga bosen-bosen amat di atas kapal. Kitapun melewatkan malam pergantian tahun diatas kapal yang ga semeriah kalo lagi didaratan. Tiba-tiba gua merasa sebagai seorang muslim yang taat, seorang muslim yang memegang teguh ideology islamnya yang hanya mau merayakan tahun baru Islam bukan Masehi. Indahnya..

Di atas kapal, suasana tahun baru tidak begitu terasa, semuanya terlihat acuh dengan keadaan. Semua orang terlihat lelah, yah lo bayangin aja setahun diatas kapal itu rasanya gimana. Nyeseek..
 
Keesokan harinya, tanggal 1 januari 2012, guapun sampai setelah melewatkan waktu satu tahun diatas kapal (red: 31 Desember 2011 – 1 Januari 2012 = 1 Tahun). Suasana yang bahagia dan gembira, alam yang tenang, embun yang sejuk dipagi hari, lautan luas tanpa ombak, dan suasana sesak boker kala itu tiba-tiba berubah menjadi seperti perang gerilya, mencekam, gelap, tembakan dimana-mana.. eehh ga deng. Tiba-tiba gua melihat sesosok orang yang sepertinya gua pernah lihat, tapi dimana, alam memaksa gua untuk amnesia. Gua berusaha mengingat siapa orang tersebut. Tak setelah gua sadar, ternyata itu orang gila yang dari kemarin ngikutin gua. Gua nyesel ga jadi Amnesia. Anncur, gua panic, gua ga mau dia ngelihat gua trus ngikuti gua sampe kerumah. Kan ga lucu kalo gua pulang bawa oleh-oleh orang gila. Bisa dikatain apa ntar sama tetangga.
 
Gua langsung memutuskan untuk meninggalkan orang gila itu dan pergi keluar dengan teman gua. Tak lama menunggu jemputan datang, akhirnya gua pulang juga kerumah.. Akhirnya gua bisa juga beristri,.. eh beristirahat dengan tenang dirumah.
 
Nyaman rasanya bisa terbebas dari terror orang gila. Ffiiuuhh…
 
Okeh, berhubung gua diajak pergi sama ayah gua, ada baikknya gua akhiri tulisan ini..
 
Wassalam :*

No comments:

Post a Comment